Cara Root Android Tanpa PC

Leave a Comment
Membuat root perangkat android terkadang membutuhkan waktu lama dan ada yang mengharuskan memakai komputer. Sudah banyak tutorial tentang root perangkat android diinternet, namun kebanyakan perangkat yang dibahas adalah merek-merek yang terkenal saja. Sehingga untuk perangkat android yang jarang digunakan kesulitan untuk me-root. Sekarang saya akan berbagi tips cara cepat root perangkat android tanpa komputer.


Sebelum anda memutuskan untuk root pastinya anda harus mengetahui resiko-resiko jika android sudah diroot.

- Garansi hangus, bisa di unroot lagi tetapi garansi tergantung vendor, jika tahu pernah diroot garansi batal.

- Saat anda masuk mode root berarti anda mempunyai hak penuh sistem android anda, jadi hati-hati saat mengutak-atik sistem. Jangan lakukan hal yang tiddak tahu. Kalau terjadi kesalahan sistem harus siap-siap flash ulang.

Kelebihannya diroot juga banyak asalkan kita tahu, lebih baik perangkat diroot, bisa mengganti font, instal custom ROM, dll.


Framaroot
Framaroot adalah aplikasi sekali klik yang akan meng-root perangkat android tanpa komputer. Framaroot dikembangkan oleh alephzain dari forum XDA.
Framaroot mendukung android versi Froyo 2.0 sampai Jellybean 4.2.

Cara root Android dengan Framaroot
  • Aktifkan USB Debugging, pergi settings > Developer options. Untuk android 4.2 ke atas pergi ke Setting > About phone > tekan Build number berkali-kali sampai muncul pemberitahuan menjadi pengembang, kembali ke setting > developer option.
  • Pilih "Install Superuser" pada pilihan framaroot 
  • Pilih salah satu eksploit yang sesuai ( lihat daftar dibawah ) dan tunggu sampai selesai. Kalau ada banyak pilhan exploit, coba saja satu per satu bila tidak tahu pakai exploit yang mana.
  • jika muncul "Success … Superuser and su binary installed. You have to reboot your device" berarti proses root berhasil lalu nyalakan ulang android.
  • jika muncul "Failed … Try another exploit if available" proses root gagal silahkan ganti dengan eksploit yang lain.
  • Jika muncul "Check vulnerabilities" your device seems not vulnerable to exploit included in framaroot berarti perangkat tidak didukung oleh framaroot.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.